Unforgettable Moments in Malaysia


Pada liburan lebaran tahun ini, saya merasa senang karena saya di ajak oleh kedua orang tua saya pergi ke Malaysia. Walaupun saya hanya pergi 5 hari, akan tetapi saya merasa sangat senang, setelah melihat jadwal acara yang di berikan oleh Golden Rama. Sedari dulu keluarga saya selalu menggunakan jasa Golden Rama jika ingin berpergian tour ke luar negri ataupun dalam negri. Terbukti, kami merasa puas dengan pelayanan yang di berikan Golden Rama.



Hari pertama, kami berkumpul di bandara Soekarno Hatta. Sampai di bandara, kami bertemu dengan kak Friska yang menjadi tour leader kami dan kak Mela yang menjadi asisten kak Friska. Lalu, kak Friska membagikan pasport kami. Setelah itu kami di beritahukan pada jam brapa kami harus berkumpul kembali.



Akhirnya kami tiba di bandara Malaysia. Saya berfoto-foto sejenak di bandara. Setelah itu, di antar menuju bus yang selama 5 hari akan mengatar kami ke tempat tujuan. Lalu kami di perkenalkan dengan Mr.Liek nam yang menjadi local guide kami. Lalu karena sudah malam, kami langsung di antar menuju hotel Radius tempat kami menginap yang berada di Bukit Bintang.



Hari kedua, kami pergi menuju ke salah satu tempat wisata bernama Batu Caves. Di Batu Caves, kita dapat melihat patung Dewa Sri Murgen. Dewa Sri Murgen adalah Dewa paling tinggi di dunia. Kita juga bisa melihat patung yang lain yaitu patung Anuman (dewa monyet), dll. Yang unik adalah, kita dapat melihat anak tangga sebanyak 270 dan kita bisa menaiki nya. Karena saya penasaran dengan keadaan di atas, akhirnya saya naik ke atas di temani dengan yang lain juga. Ternyata kita bisa melihat patung-patung serta orang yang berdoa dengan tradisi agama hindu. Selain itu ternyata banyak sekali monyet-monyet. Untuk melihat habitat para monyet kita harus menaiki anak tangga lagi. Kembali karena penasaran, akhirnya saya menaiki tangga itu lagi. Ternyata keadaan di atas sangat alami, kita bisa melihat sendiri di mana monyet-monyet itu bergelantungan di habitat nya. Setelah puas, kami semua turun ke bawah untuk melanjutkan perjalanan.


Sebelum kita ke sunway lagoon, kita pergi ke pabrik coklat. Di pabrik coklat di jelaskan bahwa membuat coklat di butuhkan waktu 8 jam. Dark coklat, bagus untuk jantung sedangkan coco butter, bagus untuk kulit. Tapi yang menuruk saya unik dan berbeda dengan yang lain adalah coklat cabai. Baru kali ini saya mendengar coklat yang di dominasikan dengan cabai. Yang membuat saya semakin senang adalah, sebelum membeli kita mendapatkan tester yang di bagikan oleh pejualnya.


Setelah puas membeli coklat, kami melanjutkan perjalanan ke Petronas Twin Tower. Walaupun kami tidak mengunjungi dan hanya bisa melihat dari jauh, saya merasa cukup senang karena ada fotografer handal yang bisa memfoto kami di sana.


Setelah puas berfoto kami melanjutkan perjalanan ke Sunway Lagoon. Di sana ada tempat bermain dan juga mall. Di tempat bermain ada yang kering, ada pula yang basah. Untungnya, tour guide dan tour leader kami mengingatkan kami kemarin bahwa kami sebaiknya membawa baju ganti. Terbukti, baju saya basah ketika bermain di sana. Kami juga bersyukur karena menggunakan tour karena kami sekeluarga tidak perlu repot mengantri untuk membeli tiket masuk. Kak Friska sudah berbaik hati mau mengantri untuk membelikan tiket kami. Akhirnya kami masuk ke dalam dan bermain. Di tempat basah, kami bisa bermain seluncuran, surfing dan berenang. Di tempat kering kami bisa bermain perahu seperti kora-kora, bianglala, rumah hantu, dll. Sangat menyenangkan rasanya. Setelah puas bermain, kami keluar dari area permainan dan pergi ke mall yang letak nya dekat dengan area permainan. Mall nya tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Hanya saja logat mereka yang berbeda. Begitu pula dengan nama toko nya. Seperti contoh, kalau di Indonesia bernama toko sepatu tetapi kalau di Malaysia bernama kedai kasut. Nama yang menurut saya, cukup unik. Tetapi yang menarik perhatian saya adalah saya jarang melihat orang Malaysia asli. Kebanyakan orang China dan orang India. Bahkan lokal guide kami berasal dari India.


Setelah kami puas berbelanja, kami berkumpul kembali dan masuk ke dalam bus. Setelah itu kami makan di restoran yang sudah di pesankan oleh Golden Rama, dan saya bersyukur, karena Golden Rama sudah menyediankan restoran yang baik sehingga makanan itu cocok di lidah saya. Setelah itu kami kembali menuju hotel.



Hari ketiga adalah hari bebas di mana kami hanya mendapatkan breakfast. Walaupun hari ini kami tidak di antar oleh bus. Saya merasa beruntung karena di berikan waktu bebas sehingga saya bisa puas berbelanja. Saya pergi mengunjungi mall terbesar di Malaysia yaitu Mit Valley. Lalu saya juga pergi ke china town dan setelah itu yang menurut saya istimewa adalah saya mencobai jus yang gelas nya sangat besar dan saya baru pertama kali melihat jus yang gelas nya sebesar itu.



Akhirnya setelah kembali ke hotel, kami masih belum puas dan melanjutkan perjalanan menelusuri bukit bintang. Maka itu saya sangat senang karena di adakan waktu bebas sehingga kami bisa puas berbelanja. Salah satu alasan mengapa keluarga saya selalu menggunakan jasa Golden Rama adalah karena selain di puaskan oleh objeck wisata, kami juga puas berbelanja.



Hari keempat adalah hari yang kami tunggu-tunggu. Hari ini kami pergi ke Genting. Kami pergi keGenting dengan menggunakan kereta gantung. Saya sangat bersyukur karena hari itu merupakan hari terakhir menggunakan kereta gantung. Saya mendengar teman-teman saya bercerita, ketika ke Malaysia kemarin, tidak sempat mencobai kereta gantung itu. Walaupun hanya pada saat pergi kami menggunakan kereta gantung, akan tetapi saya merasa sangat senang dan berterima kasih pada Golden Rama yang sudah mau mengaturkan IT nerary yang sedemikian rupa sehingga dapat memuaskan tamu nya. Pada hari itu kami sampai jam 4 sore, lalu kami check in. 1 lagi keuntungan yang kami dapatkan adalah. Ketika check in, saya bisa melihat sekitar, sementara tour leader yang mengatur dan menunggu sehingga masing-masing mendapatkan kunci kamar. Tadinya saya ingin bermain di indoor dan outdoor theme park. Tapi mengingat waktu yang sudah sore, jadi kami memutuskan untuk berjalan-jalan dan shopping. Kami juga membeli tiket pertunjukan sulap yang di adakan setiap jam 9 malam. Akhirnya, sambil menunggu jam 9 malam, kami mandi dan jalan-jalan sambil berfoto ria. Pada jam 9 malam, kami langsung masuk ke studio dan mencari tempat duduk kami. Lalu kami menonton pertunjukan itu. Saya merasa terpukau dengan permainan-permainan sulap dari mereka. Tapi yang paling saya suka adalah jari tangan yang bisa membentuk bayangan seseorang. Itu sangat menakjubkan. Akhirnya pertunjukan pun selesai dan kami sangat puas dengan hal itu.



Hari kelima kami packing untuk kembali ke Jakarta. Selama 5 hari dengan Golden Rama adalah Unforgetable moment. Yang saya sesali adalah mengapa rasa nya cepat sekali sudah kembali ke Jakarta lagi. Tapi, saya yakin, liburan selanjutnya, saya akan menggunakan jasa Golden Rama lagi. Ketika sampai di bandara, saya langsung berfoto dengan local guide, dan tentu nya, saya juga berfoto dengan kak Friska dan kak Mela. Akhirnya kami sampai di Jakarta dan saya berharap, lain kali saya bisa menggunakan jasa Golden Rama lagi. (by Stephanie Setiawan)