Transportasi Umum di Korea Selatan


Korea Selatan disebut sebagai negara dengan sistem transportasi terbaik di dunia. Ragam transportasinya lengkap, aman, dan nyaman. Sebelum berkunjung ke Korea Selatan, simak dulu informasi tentang transportasi umumnya berikut ini.


Kereta


Train Korea


Salah satu transportasi antar kota yang mudah dilakukan di Korea adalah dengan menggunakan kereta. Jadwal bus mungkin bisa berubah tergantung dari kemacetan. Namun, itu semua bisa teratasi dengan naik kereta. Dengan naik kereta, penumpang bisa sampai di tempat tujuan sesuai jadwal karena tidak terhalang oleh kemacetan lalu lintas.


Kereta di Korea dibagi berdasarkan kecepatan dan juga fasilitas yang ditawarkan di dalamnya, yaitu ada 7 jenis: KTX express trains, KTX-Sancheon, Saemaeul, ITX-Saemaeul, ITX-Cheongchun, Mugunghwa, dan KORAIL tourist trains. Untuk perjalanan mengelilingi Korea, para wisatawan sebaiknya menggunakan KORAIL pass, yang memperbolehkan menggunakan semua jenis kereta, termasuk KTX express trains.


Bus Kota


Seoul Bus


Bus kota di Korea melayani ke berbagai destinasi. Sistem pembayarannya bisa dibayar dengan tunai atau menggunakan kartu transportasi, seperti T-money atau Cashbee. Bus kota dibedakan berdasarkan warna dan nomor rutenya.


Bus biru melewati jalanan besar dan memiliki rute yang panjang. Bus hijau mengantarkan dalam jarak dekat dan menghubungkan stasiun-stasiun utama subway dan terminal bus untuk rute panjang. Bus merah merupakan express bus yang mengantarkan dari Seoul ke daerah pemukiman pinggir kota (suburb). Sedangkan bus kuning melayani rute pendek antar distrik di Seoul, biasanya melewati kawasan belanja, wisata, dan bisnis.


Subways


subway korea


Subway tersedia di 5 kota besar Korea, yaitu Seoul Metropolitan Area, Busan, Daegu, Gwangju, dan Daejeon. Subway Korea memiliki 9 line yang memiliki kode warna berbeda-beda untuk lebih mempermudah penumpang. Agar lebih mudah lagi, sebaiknya Anda memiliki map subway. Map tersebut bisa didapat di Tourist Information atau Anda juga bisa mengunduhnya dari internet.


Untuk sistem pembayarannya bisa menggunakan transportation card, seperti T-money, Cashbee, dan M-Pass. Atau bisa juga membeli tiket satuan sekali jalan yang bisa dibeli di vending mesin dan membutuhkan dana jaminan sebesar 500 won.


Jadikan Golden Rama Tours & Travel pintu gerbang Anda menuju destinasi yang luar biasa.