Tips Berlibur ke Hong Kong



Siapa tak kenal Hong Kong? Wilayah yang pernah dikuasai Inggris ini terkenal karena keunikan budaya dan kehidupannya. Dengan luas hanya sekitar 1.000 kilometer persegi dan jumlah penduduk sekitar 7 juta jiwa, Hong Kong menjadi salah satu negara dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi di dunia.
Berikut beberapa hal yang harus atau sebaiknya dilakukan selama Anda berada di Hong Kong.



  1. Ucapkan salam jika bertemu seseorang. Warga Hong Kong terbiasa mengucapkan kata “Hello” pada saat bertemu dan kata “Bye-Bye” pada saat berpisah.

  2. Tidak ada ketentuan pakaian yang harus dikenakan selama di Hong Kong, kenakan pakaian kasual yang sesuai dengan cuaca dan suasana.

  3. Bawalah foto kopi paspor pada saat bepergian, paspor asli disimpan di kotak penyimpanan hotel.

  4. Berdirilah di sisi sebelah kanan saat menggunakan eskalator (tangga berjalan), sisi sebelah kiri hanya untuk mendahului orang di depan kita.

  5. Dahulukan orang yang akan keluar MTR dan berikan ruang yang cukup sebelum kita masuk kedalamnya.

  6. Dilarang keras merokok di dalam ruangan tertutup termasuk restoran, mall, MTR, bus dan tempat-tempat yang ber AC. Merokok juga dilarang di ruangan terbuka seperti di pantai, kolam renang, parkir kendaraan dan eskalator.

  7. Jangan memperlihatkan kemarahan atau emosi berlebihan jika warga Hong Kong (seperti pedagang, sopir taksi, pelayan, dan lain-lain) berlaku kasar atau berbicara dengan nada tinggi. Itu semua adalah gaya penduduk Hong Kong bersikap dan bicara.

  8. Jangan menawar harga barang jika sudah tercantum tulisan “No Bargain” atau “Fixed Price” di tempat kita akan berbelanja, atau kita akan diabaikan oleh penjualnya.


(Sumber : Kompas.com, by Budi Sulis)