Tak Diragukan Lagi, Inilah 6 Tempat Wisata Paling Menarik di Jepang Saat Awal Tahun Tiba!


Jepang, tak hanya terkenal dengan manga maupun keramahan penduduknya. Namun, wisata alam dan sejumlah bangunan unik serta menarik mampu menjadikan negara ini sebagai salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat Indonesia.

Jadi, jalan-jalan ke Jepang tidak melulu menceritakan keindahan Sakura maupun Fujiyama. Masih banyak tujuan wisata yang disajikan Negeri Matahari Terbit ini, termasuk ketika menjelang musim semi tiba. Banyak tempat yang cocok dikunjungi saat bunga-bunga bermekaran, baik itu wisata alam maupun buatan. Penasaran?

1. Kota Asahikawa

Otokoyama Nature Park Festival (Hokkaidolikers) Otokoyama Nature Park (Hokkaidolikers)



Asahikawa menjadi kota terbesar di Hokkaido setelah Sapporo. Kota seluas 747,6 km² merupakan wilayah baru yang berdiri pada 1 April 2000. Meski belum genap 20 tahun, akan tetapi wilayah ini mampu berkembang cepat, termasuk di sektor pariwisata.

Suasana alam di Ashikawa begitu indah, dilapisi dengan tingkat kelembaban yang tinggi, sehingga tak heran jika musim semi pun kota ini menjadi salah satu destinasi andalan di Jepang. Bunga-bunga mulai menampilkan warnanya setelah musim dingin yang panjang. Sebut saja cherry blossom, tulip, azalea serta bunga lainnya yang bermekaran dan bisa disaksikan di Golden Week setiap musim semi tiba.

Berkunjung ke Asahikawa di musim semi merupakan keputusan yang tepat, karena keindahan alam setelah salju mencair dan digantikan warna-wani bunga bermekaran membuat keindahan tersendiri. Tak salah jika akhirnya pemerintah setempat pun membuat event tahunan ketika musim semi, mereka pun menggelar Otokoyama Nature Park  Festival setiap tahunnya.

Usai menikmati keindahan alam dengan sajian bunga bermekaran, berkunjung ke Asahikawa tak afdol jika tak mendatangi Otokoyama Sake Factory, sebuah rumah produksi sake tersohor di Jepang.

2. Kota Noboribetsu

Noboribetsu (nobogura.com) Noboribetsu (nobogura.com)



Kota Noboribetsu, memiliki keindahan alam berupa bukit hijau yang banyak diisi dengan pemandian air hangat. Lokasi wisata ini cocok dinikmati ketika musim semi. Berendam di air hangat dengan ditemani pemandangan alam perbukitan yang hijau merupakan satu pilihan tepat untuk berlibur ke Jepang, khususnya di Kota Noboribetsu.

Memanjakan badan di pemandian air hangat memang menjadi tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Jepang, mereka umumnya menikmatinya dengan segelas sake yang menjadi minuman khas Negeri Sakura itu. Di musim semi, Noboribetsu pun ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin menikmati keindahan alam dengan bunga bermekaran ditambah dengan air hangat yang menyegarkan tubuh.

Selain itu, kota yang masih bagian dari Hokkaido ini juga memiliki Date Historic Village serta Noboribetsu Marine Park Nixe. Sehingga, tak ada salahnya memasukkan Noboribetsu sebagai salah satu destinasi wisata Anda ketika mengunjungi Jepang.

3. Hakodate Morning Market

Hakodate Morning Market (jnize) Hakodate Morning Market (jnize)



Puas mengunjungi Hokkaido, Jepang, rasanya kurang pas jika tak sempat mampir ke Hakadote Morning Market. Di tempat ini, Anda bisa melihat pasar pagi yang ada di Hakadote. Pengunjung bisa membeli produk segar mulai dari hasil laut, sayuran, buah, permen, hingga souvenir

Letaknya, persis di sudut Stasiun Hakadote, dengan jam operasional mulai pukul 05:00 dan 06:00 waktu setempat pada musim dingin. Sedikitnya ada 280 kios yang menjajakan berbagai macam dagangan di tempat ini.

4. Clock Tower

Clock Tower (Sapporo Tour Guide) Clock Tower (Sapporo Tour Guide)



Jika di Padang ada Jam Gadang, tak jauh berbeda dengan yang dimiliki Kota Sapporo. Di kota ini mereka memiliki Clock Tower Sapporo. Yakni sebuah menara jam yang dibangun tahun 1878 pada sebuah balai teater dari sekolah pertanian Sapporo, Universitas Hokkaido.

Pembangunan menara jam ini merupakan gagasan Dr Clark, seorang wakil kepala sekolah pertama di kampus tersebut. Ia mendirikan menara jam itu sebagai fasilitas untuk siswa sekolah pertanian agar disiplin menjalankan pelatihan militer  berupa pendidikan jasmani, jam ini juga pengingat waktu upacara dimulai. Karenanya, lonceng jam itu akan berbunyi setiap jamnya.

Pemerintah setempat pun kini menyediakan ruangan yang dijadikan museum untuk masyarakat mengenal mengenai sejarah dari bangunan dan kota itu sendiri.

5. Otaru Music Box

Otaru Music Box (Sapporo Tour Guide) Otaru Music Box (Sapporo Tour Guide)



Otaru Music Box merupakan bangunan bersejarah yang menyimpan 1500 music box. Tempat ini menjadi museum box termewah di Jepang dengan bangunan sejarah yang begitu modern. Di tempat ini, pengunjung juga bisa mempraktekkan langsung bagaimana membuat music box.

Museum ini sendiri dibangun pada tahun 1912, terdapat simbol steam clock di depan bangunan. Selain menyajikan ribuan music box, museum tersebut juga menghadirkan berbagai pertunjukan yang bisa dinikmati secara langsung oleh pengunjung.

6. Tateyama Kurobe Alpine Route

Tateyama Kurobe Alpine (Info Toyama) Tateyama Kurobe Alpine (Info Toyama)



Anda pecinta wisata alam? Jangan lewatkan destinasi wisata berpetualang dengan menyusuri jalan-jalan gunung yang terkenal antara Tateyama, Toyama dan Omachi, Nagano di Jepang.

Masyarakat Jepang menyebut destinasi wisata ini sebagai Tateyama Kurobo Alpine Route. Dengan mengunjungi tempat ini, Anda bisa menyusuri di antara pegunungan dengan rute sepanjang 37 km. Namun, tak perlu khawatir karena ada 7 angkutan umum yang disediakan pengelola setempat. Mulai dari bus, trem, bis listrik, hingga trem udara.

Pemandangan gunung di kawasan ini pun begitu memanjakan mata Anda, mulai dari salju dengan diselimuti es hingga lembah hijau yang dipenuhi pepohonan dan bunga yang bermekaran di musim semi. Dalam perjalanan, Anda juga akan bertemu sebuah bendungan besar. Lokasi ini juga menjadi tempat favorit untuk diabadikan momen oleh para wisatawan.

Bagaimana? Jepang tak melulu membicarakan soal Sakura dan Fujiyama, namun Negara Sakura ini juga memberikan banyak destinasi wisata lainnya. Jika Anda ingin langsung kunjungi indahnya negara Jepang seperti di atas, Anda dapat mengajak Golden Rama untuk mengikuti paket perjalanan wisata seperti 8 hari Japan Hokkaido Ice Breaker Cruise + Sapporo Snow Festival.

Selalu jadikan Golden Rama Tours & Travel pintu gerbang Anda menuju destinasi yang luar biasa.