Oktoberfest




Pernahkah mendengar festival OKTOBERFEST?



Pada bulan Oktober selalu diselenggarakan acara festival Oktoberfest di Munich, Bavaria, Jerman. Festival ini berlangsung selama 16 hari pada bulan Oktober yang dihadiri jutaan penduduk disana dan sudah menjadi bagian budaya yang penting untuk diselenggarakan.



Acara festival yang terbesar di dunia ini, pertama kali diselenggarakan pada tahun 1810 yang mempunyai tema horse-race atau balapan kuda. Fungsi dari festival ini awalnya adalah bagian dari perayaan pernikahan Bavairian King Ludwig I dan istrinya Theresie. Dengan banyak penduduk yang suka balapan kuda, dijadikanlah festival ini menjadi festival tahunan.





Oktoberfest ini diadakan pada bulan akhir September karena pada waktu itu balapan kuda memakan waktu satu hari penuh. Selama beberapa dekade, Oktoberfest menjadi lebih menghabiskan waktu, bahkan acaranya bisa sampai dua minggu. Maka itu, untuk menghindari cuaca dingin di tengah bulan Oktober, acara festival Oktoberfest ini di mulai dari akhir bulan September sampai awal Oktober.




Pada hari ini, karena kesukaan penduduk berbeda dari jaman dahulu, begitu pula balapan kuda juga tidak ada lagi, tetapi diganti dengan wahana yang menyenangkan dan minum bir bersama.




Untuk orang lokal disana, mereka tidak menyebutnya Oktoberfest, tetapi “die Wiesn”. Bukan perayaan jika tidak ada sajian makanan untuk di santap, sajian seperti Hendl (ayam), Schweinshaxe (ham panggang hock), Steckerlfisch (panggang ikan pada tongkat), Würstl (sosis) bersama dengan Brezeln (pretzel), Knödel (kentang atau roti pangsit), Käsespätzle (mie keju), Reiberdatschi (panekuk kentang), Sauerkraut atau Rotkohl / Blaukraut (kubis merah) bersama dengan makanan lezat seperti Bavarian sebagai Obatzda (bumbu keju-mentega) dan Weisswurst (sosis putih) akan selalu ada ketika acara festival itu berlangsung.





Bukan hanya di kota Bavaria saja, tetapi di kota-kota lain di seluruh dunia seperti Argentina, Australia, Brazil, Chile, Colombia, Jerman, bahkan Vietnam mengadakan festival Oktoberfest juga.