Jenis Colokan Listrik di Berbagai Negara


Sebagai Smart Traveler, baiknya kita mengetahui ‘steker’ atau yang sering disebut juga dengan ‘colokan listrik’ yang di butuhkan di tiap negara yang kita akan dikunjungi. Ini adalah salah satu persiapan yang cukup penting saat packing sebelum traveling. Ada beberapa tipe standard colokan atau konektor listrik yang digunakan di tiap negara, maka dari itu, Traveler harus juga bisa beradaptasi agar smartphone ataupun camera dapat digunakan untuk berkomunikasi dan mengabadikan momen-momen indah Anda.



Berikut adalah beberapa jenis-jenis colokan listrik dari berbagai negara yang ada:




    China ( GB 1002 - 1996 )

    China ( GB 1002 - 1996 )


    Australia (SAA/3/15)

    Australia (SAA/3/15)


  1. Kedua steker ini termasuk dalam tipe I yang biasa digunakan di Australia dan hanya jenis steker inilah yang dapat digunakan disana. Jenis steker seperti ini banyak juga digunakan di negeri Cina.




  2. Italy (CEI 23-16)

    Italy (CEI 23-16)


  3. Tipe steker yang satu ini mempunyai tiga tonjolan yang sejajar, yang disebut juga dengan tipe L. Colokan unik seperti ini banyak digunakan di daerah Italia. Selain itu, Italia juga menggunakan tipe colokan yang sama dengan negara Indonesia, yaitu dua colokan sejajar yang disebut juga dengan tipe C dan F. Jadi jika Anda membawa colokan yang ada pada Indonesia saat berkunjung ke Italia, tidak masalah.




  4. Europe (CEE (7) V8)

    Europe (CEE (7) V8)


  5. Sketer ini adalah tipe F yang digunakan juga di Indonesia dan sebagian besar negara Eropa kecuali Inggris dan Italia.




  6. Japan (NEMA 6 - 20)

    Japan (NEMA 6 - 20)


    Notrh America (NEMA 5-15)

    Notrh America (NEMA 5-15)


  7. Jika memang Anda sudah mantap untuk traveling mengunjungi negara Jepang, maka Anda harus siap untuk membawa sketer dengan tipe seperti yang ada diatas ini. Sketer ini disebut juga dengan tipe B. Selain itu, sketer tipe A yang merupakan colokan dengan dua lempeng yang saling berdekatan dengan konektornya. Yang menggunakan sketer ini adalah negara Amerika Serikat, Kanada, dan sebagian negara yang ada di Benua Amerika.





  8. UK (BS1363/A)

    UK (BS1363/A)


  9. Sketer yang digunakan pada negara Inggris yaitu tipe G. Jenis yang satu ini banyak diadopsi pada negara negara Timur Tengah seperti Arab Saudi dan juga Uni Emirate Arab.


    Berikut adalah beberapa contoh tipe sketer yang digunakan diluar negeri. Walaupun memang terkadang hotel atau tempat penginapan berkelas menyediakan sketer ini untuk para Travelers disana, tetapi bukan berarti Anda tidak perlu tahu dan bahkan membawanya untuk persediaan disana kan..