Ini Dia Tempat yang Terdingin di Dunia...



Apakah Anda sebelumnya pernah membayangkan tinggal di suatu tempat dengan suhu terdingin di dunia? Jika Anda berkesempatan berkunjung ke tempat ini, jangan terkejut karena ada istilah “Tak Ada Keringat yang Menetes di Tempat ini”. Ya, betul, tempat ini bernama Desa Oymyakon di Republik Sakha, Rusia. Desa ini disebut-sebut sebagai desa terdingin di dunia karena pada musim dingin yang normal, suhu udaranya saja sampai minus 45 derajat celcius. Belum terlebih lagi pada saat musim dingin yang buruk datang, suhu dari desa ini bisa mencapai minus 71 derajat celcius. Waah.. sangat dingin bukan??



Bagi orang yang tidak terbiasa hidup dibawah suhu minus 71 derajat celcius akan sangat kesulitan untuk melakukan kegiatas sehari-hari selama tinggal di desa ini. Pernah membayangkan di dalam suhu dingin tertinggi ini, tinta pulpen pun akan menjadi beku, baterai pun akan cepat habis, serta mobil tidak dapat menyala tanpa ada bantuan sebuah api unggun yang diletakkan di bawah mesinnya. Peristiwa ini sudah menjadi peristiwa yang sangat sering terjadi pada desa yang dijuluki sebagai tempat terdingin ini. Karena terjadi banyak kesulitan untuk menyalakan sebuah mobil, sampai-sampai penduduk di sana sering membiarkan mobilnya menyala sepanjang hari karena khawatir akan sulit dihidupkan kembali.





Jangan salah bahwa ditempat ini tidak ada sama sekali kehidupan. Di desa ini juga ada tempat sekolahnya dimana buka setiap hari dan didatangi para murid-muridnya. Tetapi jika suhu di tempat ini sudah mencapai suhu yang terdingin, dengan terpaksa sekolah ini akan diliburkan untuk menjaga keselamatan dan keamanan para murid sekolah. Pada tahun 1920an sampai tahun 1930an, desa ini hanyalah sebuah tempat perhentian kecil para penggembala rusa nomaden untuk memberi minum teranaknya pada sebuah sumber air panas.





Pada Desa Oymyakon ini tak terdapat tumbuhan yang dapat tumbuh subur, sehingga penduduk yang tinggal di tempat ini sangat terpaksa untuk selalu mengandalkan daging-dagingan seperti daging rusa dan kuda, karena dengan mengkonsumsi makanan ini pada setiap harinya dapat membantu menghangatkan tubuh mereka. Cara lain untuk menghangatkan tubuh antara lain dengan membakar batu bara dan kayu untuk membuat rumah mereka hangat. Selain itu, balutan pada tubuh mereka diwajibkan untuk memakai baju dengan bahan berbulu.



Karena terkenal dengan cuaca yang sangat ekstrem pada desa ini, tidak menutup kemungkinan bahwa para wisatawan yang suka menulusuri tempat-tempat unik nan ekstrem sering terlihat berkunjung ke tempat ini dan sengaja untuk menikmati cuaca dingingnya pada Desa Oymyakon ini. Bukan hanya terkenal cuaca yang dingin tetapi desa ini juga mempunyai hal yang unik yaitu karena terdapatnya sumber mata air panas yang letaknya tidak jauh dari desa ini. Oleh karena ini lah desa ini dinamakan Desa Oymyakon yang mempunyai arti “Air yang tidak pernah membeku.” Tertarik dengan tempat ekstrem ini..?