Merayakan Cap Go Meh di Singkawang? Jangan Lewatkan Ini


Menonton atraksi Pawai Tatung


Pawai Tatung


Salah satu hal unik dan menarik yang dapat ditemukan saat Festival Cap Go Meh di Singkawang adalah Pawai Tatung. Tatung merupakan orang yang dirasuki oleh roh dewa atau leluhur yang nantinya orang-orang tersebut akan melakukan atraksi ekstrem yang mempertunjukkan kekebalan tubuh mereka. Seperti misalnya menancapkan kawat baja runcing hingga menembus tubuh, berjalan di atas pecahan kaca atau pisau yang tajam. Uniknya, para Tatung tersebut tidak terluka dalam menjalankan aksinya.


Menikmati Festival Lampion Singkawang


Festival Lampion Singkawang


Festival Cap Go Meh di Singkawang juga dimeriahkan oleh Festival Lampion yang mengambil rute di jalan utama kota Singkawang. Biasanya dimulai dari Kantor Walikota Singkawang. Orang-orang, termasuk para wisatawan domestik dan mancanegara akan memenuhi sisi-sisi jalan demi menyaksikan festival ini. Di Festival Lampion juga semakin dimeriahkan dengan atraksi naga berukuran besar yang menari-nari.


Berkunjung ke Vihara Tua Pek Kong


Vihara Tri Dharma Bumi Raya


Vihara Tua Pek Kong atau Vihara Tri Dharma Bumi Raya merupakan vihara tertua di kota Singkawang yang dipercaya telah ada sejak 200 tahun lalu. Dulunya vihara ini menjadi tempat peristirahatan orang China yang ingin menambang emas di Bengkayang. Saat ini Vihara ini menjadi pusat kegiatan Festival Cap Go Meh setiap tahunnya.


Bertandang ke Rumah Adat Keluarga Marga Tjhia


Berusia lebih dari 100 tahun, Rumah Adat Keluarga Marga Tjhia menjadi salah satu cagar budaya di Singkawang. Rumah yang terletak tidak jauh dari Vihara Tri Dharma Bumi ini memiliki arsitektur seperti rumah-rumah di Hong Kong pada zaman dahulu. Saat ini rumah tersebut dihuni oleh generasi ke-6 keluarga Tjhia.


Menyantap kuliner khas Singkawang


choi pan


Berkunjung ke Singkawang tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Banyak kuliner khas Singkawang yang terkenal akan rasanya yang lezat, salah satunya yang paling terkenal adalah choi pan. Choi pan terbuat dari campuran tepung beras dan sagu, dalamnya memiliki isian bengkuang, papaya muda, dan bawang putih. Kuliner ini memiliki cita rasa yang gurih. Selain choi pan, ada kuliner Singkawang yang enak untuk dicicipi seperti lontong Cap Go Meh, bubur paddas, dan mie tiaw asuk.


Ingin merayakan Festival Cap Go Meh di Singkawang? Segera pesan package Singkawang di Golden Rama.