Fakta-fakta Menarik Mengenai Asian Games 2018


Asian-Games-2018

Setiap 4 tahun sekali negara-negara di Asia menyelenggarakan ajang pertandingan olahraga. Indonesia kali ini mendapat kehormatan sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 yang akan digelar pada 18 Agustus-2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Sebanyak 40 cabang olahraga akan dipertandingkan di Asian Games 2018 ini. Sebelum menonton pagelaran ini, simak dulu fakta-fakta menarik tentang Asian Games 2018.

Diadakan untuk kedua kalinya di Indonesia

Jakabaring Sports City (JSC) Jakabaring Sports City (JSC)



Asian Games 2018 ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah setelah pertama kali diadakan juga di Indonesia pada tahun 1962. Saat itu Asian Games diselenggarakan di Jakarta saja. Namun, berbeda dengan Asian Games tahun ini yang diadakan di 2 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta dan Palembang.

Di Jakarta sendiri, pertandingan cabang olahraga dibagi ke dalam tiga klaster. Klaster I dan II akan diadakan di beberapa stadion olahraga dan event venue di Jakarta, seperti Stadion Gelora Bung Karno (GBK),  Jakarta Convention Center (JCC), JIExpo Kemayoran, GOR Bulungan, dll. Untuk klaster III akan diadakan di Jakarta Suburb, seperti Banten, Bogor, Puncak, Subang, Bekasi, Bandung, dan Majalengka. Sedangkan di Palembang, pertandingan cabang olahraga akan diadakan di Jakabaring Sport City (JSC).

Harga tiket terbilang terjangkau

Berdasarkan perbandingan harga tiket Asian Games ketika diadakan di dua negara sebelumnya, harga tiket di Indonesia terbilang lebih terjangkau. Dilansir dari berbagai sumber, harga tiket yang dijual untuk pertandingan cabang olahraga berkisar mulai dari 50.000 hingga 800 ribu. Sedangkan untuk upacara pembukaan harga tiket yang dijual mulai dari 750 ribu hingga 5 juta rupiah dan untuk upacara penutupan harga tiket akan dijual mulai dari 450 ribu hingga 2 juta rupiah.

Sebagai perbandingan, saat Asian Games ke-16 tahun 2010 di Guangzhou, China, harga tiket berkisar antara 1.600 yuan atau setara 3,4 juta rupiah hingga 6.800 yuan atau setara dengan 14,4 juta rupiah. Sedangkan pada Asian Games ke-17 tahun 2014 di Incheon, Korea Selatan, harga tiket berkisar antara 100 ribu won atau setara 1,2 juta rupiah hingga 1 juta won atau setara dengan 11,6 juta rupiah.

Mempertandingkan 10 cabang olahraga baru

10 cabor

Di Asian Games 2018 ada 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan yang melibatkan 45 negara di Asia. Di antara ke-40 cabang olahraga tersebut ada 10 cabang olahraga yang baru kali ini di pertandingkan di Asian Games, yaitu basket 3x3, bridge, jetski, ju jitsu, kurash, paralayang, panjat tebing, pencak silat, rollersport, dan sambo.

Hal menarik lainnya di Asian Games 2018 ini adalah eSports juga dipertandingkan sebagai olahraga eksibisi. Namun, baru pada Asian Games 2022 eSporst akan dipertandingkan untuk memperebutkan medali. Ada 6 jenis games yang akan dipermainkan, yaitu Arena of Valor, Pro Evolution Soccer, League of Legends, Clash Royale, Hearthstone, dan Starcraft 2.

Keunikan maskot Asian Games 2018

maskots

Tiga satwa khas Indonesia akan menjadi maskot Asian Games 2018, yaitu burung cendrawasih, rusa bawean, dan badak bercula satu. Ketiga hewan endemik Indonesia tersebut masing-masing merepresentasikan simbol yang berbeda. Bhin Bhin, burung cendrawasih, mengenakan rompi dengan motif tradisional suku Asmat dari Papua melambangkan strategi. Atung, rusa bawean, memakai sarung batik parang dengan motif tumpal dari Jakarta melambangkan kecepatan. Kaka, badak bercula satu, mengenakan songket dengan motif bunga khas Palembang melambangkan kekuatan.

Nama ketiga maskot tersebut (Bhin Bhin, Atung, dan Kaka) diambil dari penggalan moto Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu. Maskot-maskot ini membantu mengenalkan Asian Games kepada media dan juga masyarakat.

Mari sukseskan Asian Games 2018 dengan mendukung para atlet Indonesia berlaga di pertandingan. Golden Rama memiliki Promo Merdeka tiket pesawat dengan diskon hingga 450 ribu bagi Anda yang ingin menonton pertandingan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Jadikan Golden Rama Tours & Travel pintu gerbang Anda menuju destinasi yang luar biasa.