5 Pulau di Kepulauan Seribu yang Sering Menjadi Destinasi Liburan


Kepulauan Seribu maritim.go.id


Kepulauan Seribu kerap menjadi tujuan wisata bagi banyak orang, terutama mereka yang menginginkan ‘kabur’ sejenak dari hiruk pikuk perkotaan tanpa harus jauh-jauh ke luar kota. Namanya Kepulauan Seribu, nyatanya pulau yang ada tidak berjumlah hingga seribu, hanya sekitar 100an termasuk pulau-pulau kecil. Dari sekian pulau yang ada di Kepulauan Seribu, ada beberapa pulau yang sering menjadi destinasi liburan.


Pulau Tidung


Pulau Tidung terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Antara dua pulau ini dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu sepanjang 800 meter yang bernama Jembatan CInta. Pulau Tidung Besar merupakan pulau berpenduduk, sedangkan Pulau Tidung Kecil hanya dikhususkan sebagai tempat wisata dan budidaya tanaman mangrove. Di Pulau Tidung Besar terdapat rumah penduduk yang juga digunakan sebagai homestay bagi para wisatawan. Bersepeda mengelilingi pulau, snorkeling, naik banana boat, atau sekedar berjalan di pasir putih pantai adalah kegiatan yang biasa dilakukan para wisatawan saat berkunjung ke Pulau Tidung.


Pulau Pari


Ada 3 objek wisata andalan di Pulau Pari yang tak boleh terlewatkan saat liburan di pulau ini, yaitu Pantai Perawan, Pantai Pasir Kresek, dan Dermaga Bukit Matahari. Sesuai dengan namanya, keadaan alam dan kebersihan di sekitar Pantai Perawan masih sangat terjaga. Anda dapat duduk bersantai di saung-saung sambil menikmati keindahan pantai. Namun, Pantai Pasir Kresek pun tak kalah indah. Anda dapat menikmati keindahan hijaunya air laut yang masih jernih. Suasananya romantis. Kalau Dermaga Bukit Matahari adalah tempat yang paling pas untuk menikmati sunset.


Pulau Harapan


Pulau Harapan merupakan pulau berpenduduk yang terkenal menyimpan kekayaan bawah laut yang indah. Suasana alam di pulau ini masih terlihat lebih alami dan tenang dibanding pulau berpenduduk lainnya di Kepulauan Seribu. Tak heran pulau ini menjadi spot favorit bagi wisatawan yang ingin snorkeling dan diving. Kehidupan bawah laut di Pulau Harapan masih terjaga dengan baik sehingga spesies ikan dan terumbu karang di pulau ini dapat terlihat dengan jelas saat snorkeling atau diving.  Kegiatan lain yang dapat dilakukan di Pulau Harapan adalah berkeliling pulau sekitar dengan menggunakan kapal tradisional dan juga menikmati sunset.


Pulau Putri


Berbeda dari pulau-pulau yang disebutkan sebelumnya, Pulau Putri adalah sebuah pulau resort yang memang ditujukan sebagai pulau wisata. Lebih dari 50 cottage didirikan di pulau ini, termasuk cottage terapung.  Dapat dibilang, Pulau Putri memiliki fasilitas terlengkap dibanding pulau-pulau di Kepualuan Seribu lainnya. Fasilitas unik dan menarik yang ada di pulau ini antara lain Undersea Tunnel Aquarium, Glass Bottom Boat, dan Floating Restaurant. Selain menikmati fasilitas tersebut, Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya, seperti melihat sunset sambil cruising, berenang di pantai atau kolam renang, dan parasailing.


Pulau Bidadari


Tak jauh berbeda dengan Pulau Putri, Pulau Bidadari juga merupakan pulau resort yang ditujukan sebagai tempat wisata. Pulau yang jaraknya paling dekat dengan daratan Jakarta ini, dijuluki Eco Resort karena alamnya masih sangat asri dan terjaga. Cottage yang ada di Pulau Bidadari, dirancang dengan tema bangunan tempo dulu, seperti tema Betawi, Chinatown, atau Jakarta saat tempo dahulu. Hal menarik lainnya yang dapat Anda temukan di Pulau Bidadari adalah adanya Benteng Martello, sebuah benteng peninggalan era Belanda. Benteng ini kerap kali dijadikan spot foto favorit oleh para wisatawan.


Tertarik ingin liburan ke pulau juga? Segera pesan package open trip ke pulau yang Anda ingin di Golden Rama.


Jadikan Golden Rama Tours & Travel pintu gerbang Anda menuju destinasi yang luar biasa.