13 Tips Traveling bersama Anak-Anak




Tidak semua tips yang dianjurakan oleh seseorang cocok untuk setiap keluarga. Dari tips yang dibawah ini mungkin dapat mengingatkan Anda hal apa sajakah yang harus dibawa atau yang harus di perhatikan jika traveling jarak jauh bersama Anak-Anak Anda. Tips ini disarankan untuk Anda yang mempunyai Anak dibawah umur yang tidak dapat duduk diam, ataupun Anak yang masih berusia batita. Jika Anda harus menghabiskan sebagian besar waktu Anda di pesawat saat traveling bersama Anak-Anak Anda, akan sangat memusingkan karena harus ada banyak hal yang dipikirkan dan dilakukan oleh para orangtua untuk mengurus Anaknya pada saat di pesawat. Sebelum masuk pesawat pun Anda harus mengantri untuk visa ataupun bagasi. Dan ini adalah 13 tips traveling jarak jauh bersama Anak-Anak Anda tercinta, semoga bermanfaat.



1. Bawalah mainan dan buku
Sesuatu yang Anak-Anak belum pernah mainkan atau jarang dilihat sebelumnya akan lebih lama menarik perhatian mereka dibanding sesuatu yang telah dimainkan puluhan kali. Untuk anak berusia 10 bulan akan lebih menarik perhatian mereka jika ada telepon mainan (atau sesuatu yang berisik). Untuk anak berusia 1 tahun atau lebih dapat menarik perhatian mereka jika ada buku berisi gambar-gambar menarik dan beserta juga mainan seperti mobil-mobilan kecil. Dan untuk Anak bayi, mereka tidak membutuhkan sesuatu yang dapat menghibur mereka, tetapi jika ada seorang kakak yang lebih tua dari mereka yang sedang memainkan sesuatu, itu akan lebih dapat menarik perhatian bayi Anda. Taktik yang tepat yang dapat Anda lakukan yaitu jangan mengeluarkan semua permainan yang Anda telah sediakan untuk mereka dalam sekaligus, tetapi coba keluarkan satu persatu dimulai dengan hal yang kecil sampai hal yang paling menarik hati mereka pada akhirnya, karena jika Anda memberikan hal yang paling menarik hati mereka diawal, sebagai orang tua pasti akan kehabisan ide dan Anak-Anak pun akan mencari akal lain untuk bermain atau membuat rusuh.






2. Gunakan teknologi yang sudah tersedia
Bahkan jika Anda sebelumnya tidak pernah mengijinkan Anak Anda untuk menonton TV di rumah, saatnya untuk melanggar peraturan itu. Dengan layar kecil yang ada di setiap tempat duduk di pesawat adalah hal yang paling menguntungkan bagi para orangtua dan orang yang disekitarnya jika Anda berpergian dengan Anak-Anak Anda. Dan jika Anda ingin menghindari headphones terhadap Anak Anda karena Anda takut akan merusak telinganya, kemungkinan besar dengan hanya gambar yang bergerak di layar TV akan cukup mengalihkan perhatian mereka.





3. Jika Anda dapat membawa teknologi Anda sendiri, bawalah beberapa teknologi yang Anda punya
Jika menurut Anda teknologi tablet dan telepon terlarang bagi Anak-Anak Anda, lebih baik Anda mengunduh sedikit aplikasi untuk Anak-Anak Anda yang dapat mereka mainkan dan jangan terlupakan untuk memasukan film kesukaan mereka kedalamnya.



4. Kemaslah keperluan popok
Daripada selalu dibutuhkan untuk mencari popok di atas yang berada di cabin, ada cara yang lebih baik dari itu yaitu persiapkanlah kantong plastik di dalam setiap popok, dan sebelum lepas landas, pindahkan semua majalah dalam penerbangan Anda ke salah satu kantong kursi di sebelah Anda, dan tempatkanlah tikar ganti popok, tissue bayi dan juga popoknya disitu. Ketika tanda sabuk pengaman sudah dimatikan, Anda dapat langsung ke kamar mandi sebelum orang lain mendahului.



5. Untuk berjaga-jaga, bawalah baju lebih untuk Anak Anda
Lebih baik membawa lebih dari pada kekurangan. Bawalah lebih banyak baju pergi dan piyama Anak Anda yang masih bayi dan juga yang sudah balita. Jika ada hal yang tidak terduga seperti popok yang bocor dan juga muntahan, keadaan darurat seperti ini dapat diatasi dengan cepat jika Anda membawa baju pergi dan piyama Anak Anda dalam jumlah yang cukup.



6. Bawalah baju ganti untuk Anda
Bukan hanya Anak Anda yang butuh baju ekstra, tetapi, untuk Anda yang mengurusnya juga sebaiknya membawa baju lebih, karena jika hal darurat terjadi seperti yang disebutkan diatas, ada kemungkinan Anda terkena dampaknya juga, dan jika Anda telah siap membawa baju ganti atau celana ganti ekstra, itu akan memudahkan Anda mengatasi keadaan sepert ini bila terjadi.



7. Jangan lupa untuk selalu membawa wet tissue
Wet tissue akan sangat membantu Anda jika tangan Anak Anda kotor karena memegang sesuatu tanpa Anda mengetahuinya terlebih dahulu. Jika hal demikian terjadi, akan lebih sulit untuk selalu menggunakan kamar mandi bahkan jika pesawatnya sudah take off. Dengan wet tissue setidaknya Anda tidak akan begitu khawatir akan hal yang mungkin terjadi seperti ini.





8. Satu tas cukup untuk di pegang setiap orangtua
Mungkin jika Anda traveling dengan Anak Anda, Anda pun pasti sudah direpotkan untuk membawa hal seperti mainan Anak Anda untuk perjalanan di pesawat. Jadi Anda tidak membutuhkan lagi buku untuk membaca dan hal lainnya yang tujuannya untuk menyibukan diri Anda sendiri. Jika Anda sudah berdampingan dengan Anak di dalam pesawat, Anda tidak memiliki kekuatan lagi untuk melakukan apapun dan dengan hanya membawa satu tas saja sudah cukup membuat Anda sibuk saat sebelum atau sesudah turun ke bandara.





9. Jika Anak Anda sudah cukup besar, biarkanlah mereka membawa barangnya sendiri
Bukan hanya melatih tanggung jawab Anak Anda, tetapi Anak Anda juga akan lebih tertib jika melihat di sekelilingnya juga banyak yang membawa barang sendiri, dengan ini, Anak Anda akan lebih mencontoh hal yang baik disekelilingnya. Barang seperti mainan dan buku cerita (atau barang ringan lainnya) dapat Anda masukkan ke koper kecil mereka, dan biarkanlah mereka membawanya.



10. Bawalah makanan ringan
Makanan di dalam penerbangan belum tentu selalu cocok dan juga tidak selalu tepat dengan waktu kebutuhan makan Anak Anda. Bawalah makanan ringan atau snacks yang tidak bermasalah untuk di konsumsi di dalam pesawat. Sebaiknya jangan membawa makanan yang harus dimasukkan ke dalam ruangan pendingin. Bukan hanya itu saja, jika makanan yang sudah sering di konsumsi juga pasti akan cocok dan tidak akan terjadi hal yang diinginkan seperti membuat mereka mual dan muntah. Percayalah, makanan kecil anak Anda harus dibawa, karena sering anak kecil mengalami tidak enak badan di pertengahan penerbangan dan mungkin merasakan mual ataupun muntah. Untuk menghindari itu, Anda lebih baik membawa minuman rasa buah yang Anak Anda sukai atau apapun yang dapat menghilangkan mual atau rasa tidak enak badan mereka.



11. Jika Anda mempunyai Anak berusia balita, pakailah dorongan bayi yang Anda punya
Tidak di semua tempat memperbolehkan pemakaian dorongan bayi, dan hal tersebut harus diperhatikan oleh para orangtua. Jika diperbolehkan untuk membawa dorongan bayi dari rumah, hal itu akan lebih membuat Anda nyaman bahkan bila Anak Anda tertidur di dorongan bayi, Anda akan terbebaskan dan dapat sedikit bersantai. Lebih baik disarankan untuk mengikuti semua prosedur sebelum Anda masuk pesawat.





12. Cari tahulah orang yang disekitar Anda
Sebagian besar, Anak yang lucu dapat menarik perhatian orang lain disekitar Anda. Jadi, baiknya biarkanlah Anak Anda menyapa atau disapa orang yang disekelilingnya. Serta buatlah diri Anda dikenal oleh para pramugari dan pramugara agar mereka tahu Anda membawa Anak Anda yang mungkin membutuhkan bantuan, dan cari tahu kamar mandi yang terbaik untuk mengganti popok Anak Anda nanti.



13. Tetap berpegang pada rutinitas
Jika Anda traveling ke tempat yang sama atau jalan yang sama. Terkadang Anda suka mencoba penerbangan yang lain untuk merasakan penerbangan yang mana yang membuat Anda nyaman dengan membawa Anak Anda. Jika Anda sudah cukup nyaman dengan satu pilihan, lebih baik Anda mempertahankannya dan berpegang selalu pada rutinitas yang sering Anda lakukan bersama Anak-Anak Anda. Terlepas dari rutinitas disiplin yang Anda ajarkan di rumah, bukan berarti Anda harus membiarkan Anak Anda berlarian atau melakukan aktivitas sesuka mereka diluar kendali Anda. Membuat Anak Anda tenang akan jauh lebih berharga daripada harus menerapkan kedisiplinan yang mendidik disetiap saat. Dengan Anak Anda yang duduk diam, Anda juga akan dihargai oleh orang disekitar Anda yang berada di pesawat.