10 Tips Untuk Selalu Aman Jika Berlibur ke Kota-Kota Besar




Traveling ke kota besar akan sangat mengesankan dan menyenangkan. Dikarenakan banyak cerita tentang kehidupan dan juga terkadang terkesan berantakan karena ukuran kota nya itu sendiri. Mungkin sampai sekarang ada juga kota besar yang diam dan terkesan menakutkan karena adanya banyak pencuri dan perampok. Untuk membantu Anda, ada 10 tips yang akan membantu keamanan Anda di kota yang besar yang berada di luar negeri.



Beradaptasi Dalam Hal Berpakaian
Dimana pun anda berlibur, ke kota besar maupun kota kecil di sebuah negara yang Anda belum terlalu kenal, aturan pertama untuk para travelers adalah: jangan berpakaian seperti tourist. Sebagian tourist memakai celana pendek, membawa backpack dan menggantungkan kamera di leher. Dan dengan berpakaian seperti itu, Anda akan langsung dikira tourist dan lebih memungkinkan untuk para pencopet dan perampok mengenali identitas Anda. Beradapatasilah dengan cara berpakaian Anda dan terlihatlah seperti orang local dan disarankan untuk jangan memakai terlalu banyak perhiasan.



Kehilangan Barang-Barang Berharga
Dan aturan terpenting yang kedua adalah: jangan membawa barang apapun yang Anda tidak mau kehilangan. Tinggalkan barang berharga Anda dan kunci lemari yang berada di hotel Anda dan bawalah uang secukupnya yang cukup untuk sehari itu saja. Jika Anda harus membawa kemera, jangan selalu membawanya terus menerus dan dilingkarkan di leher Anda. Apapun yang Anda lakukan, sebisa mungkin jangan terlalu sering mengeluarkan handphone atau gadget berharga lainnya di sebuah jalanan yang cukup sepi. Masuklah ke tempat yang tertutup seperti tempat belanja atau café.



Harus Tetap Waspada
Salah satu kesenangan untuk para setiap travelers adalah menemukan tempat atau jalan baru yang mempunyai pemandangan yang menakjubkan. Tetapi, tidak peduli seberapa terpesona Anda pada saat itu, Anda harus tetap peka dengan apa yang terjadi di sekitar Anda. Dikarenakan, banyak pencopet bukan hanya ada di tempat sepi tetapi juga di tempat-tempat umum yang ramai seperti pasar dan taman.



Harus Tetap Berjalan di Jalur yang Benar
Jika Anda melewati jalanan yang tidak begitu Anda kenal di sebuah kota besar di negara asing, tetaplah berjalan di jalur yang sudah di sediakan. Hindarilah jalan pintas atau melalui jalanan yang belum tentu Anda tahu arah dan tujuannya. Pada malam hari, jangan berpikir untuk berjalan pulang sendiri, dan tidak peduli seberapa dekat Anda dengan tujuan Anda, lebih baik Anda naik taksi karena itu adalah pilihan yang lebih aman untuk keselamatan Anda.



Urusan dengan Uang
Gunakan kartu ATM pada saat didalam bank atau pada saat mau membayar biaya belanjaan Anda disebuah toko, dan jangan di jalanan terbuka. Dan juga, jika membawa uang yang cukup besar untuk orang lain, pastikan anda split uang Anda kebeberapa tempat. Jika memungkinkan dan saran yang lebih baik adalah memasukan uang Anda di dalam kaos kaki, sepatu atau celah di dalam dompet yang orang susah menemukannya. Dengan cara yang demikian, jika terjadi sesuatu, Anda masih mempunyai uang yang cukup untuk kembali ke hotel.



Selalu Bertahan di Beberapa Kondisi
Jika Anda duduk di sekitar luar café, di pemberhentian bis, di tempat perkir yang terbuka, atau di dalam restoran, jangan pernah meninggalkan tas Anda di sebelah Anda atau di belakang punggung Anda ketika Anda sedang duduk. Selalu letakkan tas Anda di pangkuan Anda atau di bawah dekat kaki Anda. Jika Anda berada di taksi, tempat yang tepat untuk meletakkan tas Anda yaitu di sela bawah kaki Anda.




Pancarkan Percaya Diri Anda
Jika Anda berpergian sendiri ataupun bersama group tour, selalu bersikap percaya diri dan hindari sikap yang tidak baik. Selalu terlihat seperti Anda tahu kemana Anda akan pergi dan bahkan Anda harus bersikap sama jika Andapun sebenarnya tidak tahu. Coba untuk menghidari diri Anda selalu melihat peta saat Anda berada di jalan. Pelajari rute Anda sebelumnya atau carilah peta yang berukuran dompet supaya Anda bisa lihat peta itu jika diperlukan.



Berhati-hatilah Terhadap Bagian Belakang Anda
Jika Anda merasa diikuti oleh seseorang sampai dekat dengan suatu toko, tunggulah sampai orang yang di belakang Anda melalui Anda terlebih dahulu. Jika seseorang itu tetap mengikuti Anda, jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan pemilik toko.



Orang Asing yang Berbahaya
Tidak peduli Anda tinggal dimana, jangan lupa untuk selalu mengunci pintu kamar Anda, bahkan ketika Anda berada di dalamnya. Jangan pernah membukakan pintu kamar hotel Anda untuk orang asing yang Anda tidak kenal asal usulnya. Dan jangan ragu-ragu untuk menggunakan fungsi telepon yang berada di kamar Anda untuk telpon receptionist untuk menanyakan keraguan Anda. Jika diperlukan, bawalah perangkat keselamatan pribadi Anda.



Bawalah Alat Keselamatan Anda
Pertimbangkanlah untuk membawa alat keselamatan Anda atau alat yang dapat menghasilkan bunyi untuk menarik perhatian orang lain jika Anda di dalam posisi terancam. Bahkan hanya sekedar peluit sederhana dapan menyebabkan cukup gangguan dan dapat memberikan Anda kesempatan untuk melarikan diri dalam situasi bahaya.